MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GABUNGAN BANGUN DATAR (KOMPOSISI DAN DEKOMPOSISI) DI SDN 1 PANDAK BALONG PONOROGO

'Azizatur Rosyida* -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Eti Hernawati -  SDN 1 Pandak Balong, Indonesia
Reza Kusuma Setyansah -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Octarina Hidayatus Sholikhah -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v8i2.7942

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berperan penting dalam berbagai ilmu. Namun, pada kenyataannya matematika di sekolah masih di anggap sebagai salah satu pelajaran yang sulit bagi siswa. Efek negatif dari pandangan ini adalah ada banyak siswa yang merasa anti dengan matematika sebelum mereka betul-betul mempelajari. Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran matematika gabungan bangun datar (komposisi & dekomposisi) di SDN 1 Pandak Balong Ponorogo. Maka dari itu dalam proses pembelajaran matematika diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, pada materi gabungan bangun datar media tangram dirasa mampu membantu siswa memahami konsep gabungan bangun datar yang mana hasil belajar siswa menjadi meningkat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah sampel sebanyak 12 anak. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II diatas, peneliti menemukan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil pembelajaran matematika gabungan bangun datar (komposisi dan dekomposisi) dari siklus I sebanyak 64% menjadi 89 %. Persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebanyak 33% menjadi 92%.

Supplement Files

Keywords
Learning Media, Tangram, Wake up flat
  1. Akbar, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). CV. Cipta Medika.
  2. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.
  3. Astuti, Dwi Pangestika, R. R. (2021). Keefektifan Penggunaan Media Tangram Terhadap Materi Bangun Datar Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri the Effectiveness of Using Tangram Media on Student ’ S Creative Thinking Ability in Private Vocational School Private Vocational School of Class Iv Private Vo. Jurnal Pendididikan Dasar, 13, 106–117.
  4. Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Koorperativ Tipe Teams Games Turnament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas IV SD Negeri Teluk. Jurnal Cakrawala Pedas., 3(1).
  5. Damanik. Siahaan. Tamba. (2018). Peneraan Metode Team Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Kristen ABC Sukoharjo. Journal Of Holistic Mathematics Education, 2(1), 114–123.
  6. Indiati, P., Puspitasari, W. D., & Febriyanto, B. (2021). Pentingnya Media Tangram Terhadap Kemampuan. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 3(1), 290–294. file:///C:/Users/acer/Downloads/609-Article Text-1233-1-10-20211007.pdf
  7. Mufti, N. N., Pranata, O. H., & M, M. R. W. (2020). Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 93–99.
  8. Ofori, D. A., Anjarwalla, P., Mwaura, L., Jamnadass, R., Stevenson, P. C., Smith, P., Koch, W., Kukula-Koch, W., Marzec, Z., Kasperek, E., Wyszogrodzka-Koma, L., Szwerc, W., Asakawa, Y., Moradi, S., Barati, A., Khayyat, S. A., Roselin, L. S., Jaafar, F. M., Osman, C. P., … Slaton, N. (2020). Penerapan Teori Kognitivisme dalam Proses Pembelajaran. Molecules, 2(1), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201
  9. Panjaitan, Febrinurty Charolyna; Mauliani, Resti; Kurnia, Nazrida; Sipayung, M. D. (2022). Penggunaan Media Tangram dalam Pembelajaran Segi Banyak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
  10. Runisah, R., Nandang, N., & Ismunandar, D. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 6(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.48479
  11. Suharsimin, Arikunto; Suhardjono, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
  12. Suryani, N; Setiawan,A; Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.
  13. Wardhani, I. dkk. (2019). Hakikat Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.

Full Text: Supp. File(s):
LAMPIRAN
Subject
Type Research Instrument
  Download (16KB)    Indexing metadata
The Statement of Authenticity of Scientific Work
Subject
Type Research Instrument
  Download (206KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2023-09-30
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: