Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Melalui Model Pembelajaran Take and Give Berbantu Kartu Hitung pada Kelas III B SD Negeri Percobaan 2 Depok

Dafrinawati Dafrinawati* -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Rasidi Rasidi -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Puji Rahmawati -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Alfa Mitananda Christi -  SD Negeri Percobaan 2 Depok, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8214

Penelitian ini dilatarbelakango oleh rendahnya kemampuan berhiung siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari kegiatan pra tindakan, siklus I dan siklus II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian melalui model pembelajaran Take and Give berbantu kartu hitung pada kelas III B SD Negeri Percobaan 2 Depok. Berdasarkan data awal yang diperoleh peneliti pada pra tindakan hanya 12 siswa yang tuntas dengan presentase 42,85% sedangkan 16 siswa yang belum tuntas dengan presentase 57,14%. Nilai rata-rata siswa yaitu 62,89%. Sedangkan di siklus I kemampuan berhitung siswa meningkat menjadi 15 siswa yang tuntas yaitu 53,57%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas yaitu 13 siswa dengan pesentase 46,42% dengan nilai rata-rata 72,85. Kemudian pada pelaksanaan tindakan siklus II terjadi peningkatan kemampuan berhitung perkalian yang signifikan yaitu siswa yang sudah tuntas sebanyak 23 siswa dengan persentase 82, 14%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 dengan persentase 17,85%.Nilai rata-rata meningkat menjadi 83,92.

Keywords
Kemampuan Berhitung, Perkalian, Take and Give, Kartu Hitung.
  1. Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1) 41-47. DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785.
  2. Afsari, S., & et al. (2021). Sistematic Literature Review: Efektifitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3) 189-187. doi:https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117.
  3. Ardianik, & Hadi, U. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Dakonmatika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV SDN Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2) 159-168 DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6677.
  4. Hidayat, & et al. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(2) 147-154. DOI: doi.org/10.21009/PIP.342.9.
  5. Ikawati, H. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Gaive dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 4(2) 50-55.
  6. Juliarti, I. A., Putra, M., & Negara, I. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , 4(2) 166-173. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27361.
  7. Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing.
  8. Kristiantari, M. R. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2) 460-470. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462.
  9. Miftahuddin, M., & Arofah, F. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan , 3(1) 1-9. .
  10. Nafisah . (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Menghitung Operasi Perkalian Melalui Model Pembelajaran Take and Give. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, VI(1) 118-131. https://www.journal.i-rpp.com/index.php/jipk/article/viewFile/42/39.
  11. Panjaitan, D. J., & Indriani. (2020). Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Pada Materi Logaritma. Jurnal MathEducation Nusantara, 3( 2) 17-25.
  12. Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(2) 1191-1197. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898.
  13. Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1) 57-64. DOI: 10.30595/.v1i1.7932.
  14. Rosyid, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino Untuk Memotivasi Santri Di Masjid Al Muhajirin Banyuajuh Dalam Mengerjakan Soal Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2) 26-30. doi.org/10.31597/ja.v3i2.141.
  15. S, S. R., & Herlina, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. JOURNAL OF MATEMATICS LEARNING, 1(2) 29-36. DOI: https://doi.org/10.30653/004.201812.19.
  16. Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1) 51-69. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298.
  17. Sumayana, Y., Sutarman, & Santisah, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Tentang Tanah. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1) 1-11.
  18. Syachruroji, A., Rokmaneh, S., & Nurwidianing, S. (2022). Analisis Kurangnya Pemahaman Siswa Kelas 5 Di SDN Lontar Baru Pada Materi Perkalian Pecahan Dengan Model Take and Give. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(02) 927-935.
  19. Udil, P. A. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas untuk Publikasi pada Jurnal Ilmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1) 21-27. DOI: https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v2i1.257.
  20. Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 1(2) 129-136. .
  21. Yudha, C. B., & Rahmad, I. N. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pada Guru SDN Cibitung Kulon 01 Bogor. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1) 20-23. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v1i1.714.
  22. Zuschaiya, D., & et al, .. (2021). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Kemampuan Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3) 517-528. DOI 10.22460/jpmi.v4i3.517-528.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-11-21
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: