Uji Validitas dan Efektivitas Buku English For Business Berbasis Multimodality di Prodi Kewirausahaan Universitas Negeri Medan
DOI : 10.24269/dpp.v12i1.7723
Prodi Kewirausahaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) adalah salah satu lembaga pendidikan yang berperan aktif dalam menyelenggarakan pendidikan Kewirausahaan. Prodi ini memiliki visi untuk menghasilkan Entrepreneur. Salah satu keahlian yang dituntut bagi seorang pengusaha adalah kemampuan berbahasa internasional. Permasalahan yang terjadi di Prodi Kewirausahaan ini adalah kemampuan bahasa Inggris masiswa yang masih rendah, hal ini tercermin dari rendahnya hasil belajar mereka. Permasalahan ini mungkin disebabkan oleh kurangnya buku bahasa Inggris bisnis yang dimiliki dosen sehingga berdampak pada tidak optimalnya penyampaian pembelajaran di kelas. Selama ini, materi yang diberikan masih berupa materi adopsi yang dirangkum secara umum tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa terhadap peningkatan kemampuan berbahasa internasional. Dosen tidak memiliki buku ajar sendiri sehingga dosen tidak memiliki panduan yang jelas dalam mengajar. Ketidaktersediaan bahan ajar mengakibatkan pengajaran yang kurang variatif dan tidak terarah. Berdasarkan hal tersebut, dosen pengampu mata kuliah Business English perlu menciptakan buku sendiri karena harus bisa sekreatif mungkin membantu mahasiswa dalam memahami Bahasa Inggris Bisnis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Develompment (RnD)). Metodologi penelitian ini menggunakan model pengembangan empat dimensi (4-D) yang terdiri dari empat tahap: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Ada dua jenis metode analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu validitas dan efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian, buku yang dihasilkan termasuk kategori sangat sesuai dengan skor validitas sebesar 91,12%. Berdasarkan uji keefektivan, rata-rata nilai mahasiswa sebelum tes lebih rendah dibandingkan nilai postes, dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00.
- Adiyacht, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif, 7(3), 234–245.
- Azis, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak (Meliputi Audio, Audio Visual, Video).
- Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67.
- Desyandri, D., & Vernanda, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah.
- Fauziah, S. (2018). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Al-Munzir, 10(2), 298–319.
- Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425.
- Kadir, S. T. (2015). Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Khairun Nikmah, R. Mursid, S. T. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kewirausahaan Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Bisnis Manajemen. 8(1), 71–79.
- Kurniawan, A., & Masjudin, M. (2018). Pengembangan buku ajar microteaching berbasis praktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 9–16.
- Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.
- Mansur, R. (2018). Belajar Jalan Perubahan Menuju Kemajuan. Jurnal Vicratina, 3(1), 145–158. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/1075
- Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan media pembelajaran digital book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25–32.
- Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33.
- Noviyanti, N., & Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(2), 100. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i2.2458
- Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
- Rahayu, R. S. (2018). Studi literatur: Peranan bahasa Inggris untuk tujuan bisnis dan pemasaran. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4), 149–158.
- Rahayu, S., Harjono, A., & Gunawan. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 1(1), 26–30.
- Saragih, L. S., Dharma, J., & Siahaan, S. D. N. (2023). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Perilaku Organisasi dengan 3D Realist Berbasis Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 14–30.
- Wengrum, T. D., & Nurhartanto, A. (2021). Pengembangan Modul Digital Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Bisnis Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 148–153.
- Yulian, R., & Yuniarti, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Business English Berbasiskan Pendekatan Multimodality Dan Authentic Materials. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 8(2), 143. https://doi.org/10.29406/jpk.v8i2.1870
![Open Access](https://litabmas.umpo.ac.id/plugins/themes/mpgUndip/templates/images/oa.png)
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.