KERJASAMA PERPUSTAKAAN PUSTAKALANA DAN IKEA DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI ANAK
DOI : 10.24269/pls.v8i1.8022
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengulas lebih lanjut tentang bagaimana bentuk, proses, analisa program serta hasil terhadap peningkatan literasi anak pada kerjasama antara Perpustakaan Pustakalana dengan IKEA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pendekatan dalam bentuk deskriptif serta melalui kajian literatur. Penelitian kualitatif deskriptif ini melibatkan proses analisis yang teliti, yang mengikuti langkah-langkah berikut yaitu dengan melakukan observasi yang selanjutnya dilakukan dengan wawancara juga mencakup studi literatur dari berbagai sumber seperti artikel, jurnal, makalah, skripsi, buku, peraturan pemerintah, serta situs web resmi Perpustakaan Pustakalana. Google Cendekia juga digunakan sebagai sumber utama. Secara keseluruhan, kerjasama antara Perpustakaan Pustakalana dan IKEA telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan literasi anak-anak di Kota Bandung. Program-program ini membantu anak-anak mengembangkan kemampuan membaca, berpikir kritis, berimajinasi, dan berpartisipasi dalam kegiatan literasi. Oleh karena itu, kerjasama ini telah berhasil mencapai tujuan awalnya dalam meningkatkan literasi anak-anak dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Namun, dalam mengukur keberhasilan program-program literasi, perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi literasi anak-anak.
- Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.; P. Rapanna, Ed.). Syakir Media Press.
- Ainun. (2022). IKEA KBP x Pustakalana: Lomba Menggambar ‘My Little Heroes.’ Retrieved from Pustakalana Children’s Library website: https://pustakalanalibrary.wordpress.com/2022/09/18/ikea-kbp-x-pustakalana-lomba-menggambar-my-little-heroes/
- Brata, A. B. (2018). ANALISIS STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION IKEA INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI BIDANG FURNITURE DAN HOME FURNISHING. Universitas Islam Indonesia.
- Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
- Komariah, N., Saepudin, E., & Rukmana, E. N. (2021). Pelayanan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Jendela Dunia Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), 112–127. https://doi.org/10.22146/bip.v17i1.1298
- Pustakalana. (2021). Kolaborasi bersama IKEA Indonesia – Kota Baru Parahyangan. Retrieved from Pustakalana Children’s Library website: https://pustakalanalibrary.wordpress.com/2021/12/01/kolaborasi-bersama-ikea-indonesia-kota-baru-parahyangan/
- Pustakalana. (2022). Talkshow Menghadirkan Ruang Baca di Rumah bersama arsitek Gosha Muhammad di IKEA Kota Baru Parahyangan. Retrieved from Pustakalana Children’s Library website: https://pustakalanalibrary.wordpress.com/2022/10/15/talkshow-menghadirkan-ruang-baca-di-rumah-bersama-arsitek-gosha-muhammad/
- Rani. (2022). Eksplorasi Bawah Laut di IKEA Kota Baru Parahyangan. Retrieved from Pustakalana Children’s Library website: https://pustakalanalibrary.wordpress.com/2022/12/05/eksplorasi-bawah-laut-di-ikea-kota-baru-parahyangan/
- Sihombing, M. H., Yusniah, Pranasari, M., Arlinda, L., & Pulungan, R. A. (2022). Membangun Kerjasama untuk Mengembangkan Perpustakaan yang Ideal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4697–4703.
- Surminah, I. (2013). Pola Kerjasama Lembaga Litbang dengan Pengguna dalam Manajemen Litbang (Kasus Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat). Jurnal Bina Praja, 05(02), 101–112. https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.101-112
- Syarif, V. D. P. (2020). Peningkatan Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Pelayanan Informasi. Jurnal Ecodunamika, 3(2), 4. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/3285/1547
- Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam
- Perespektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642
- Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.