Pojok Statistik: Kolaborasi Perpustakaan Universitas Padjadjaran dan BPS Provinsi Jawa Barat dalam Pengembangan Layanan Referensi

Himma Aliyah Fiddien* -  , Indonesia
Prijana Prijana -  Universitas Padjadjaran, Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v7i2.8017

Kerjasama merupakan cara dalam membangun relasi untuk terciptanya kolaborasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kolaborasi layanan pojok statistik, dampak kolaborasi, dan hambatan serta strategi peningkatan layanan pojok statistik. Metode penelitian digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kolaborasi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Padjadjaran dan BPS Provinsi Jawa Barat dalam pengelolaan pojok statistik melibatkan sivitas akademika seperti mahasiswa dan dosen. Kolaborasi yang terjalin memberikan kontribusi positif bagi kedua belah pihak, BPS dapat memperkuat user engagement dan branding produk statistik BPS, sedangkan Perpustakaan Universitas Padjadjaran dapat membangun relasi untuk meningkatkan sumber daya dan kinerja perpustakaan. Promosi dan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan pemanfaatan pojok statistik. Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan cara membuat infografis, konten kreatif di media sosial, dan melakukan event seperti seminar maupun workshop statistik. Kesimpulan penelitian menjelaskan pojok statistik merupakan wujud dari pengembangan layanan referensi yang ada di perpustakaan perguruan tinggi. Hal ini terlihat dari cara kerja layanan pojok statistik yang memungkinkan terjadinya interaksi antara agen statistik dan pemustaka. Kolaborasi yang terjalin dapat menciptakan sinergi untuk mendukung peningkatan literasi statistik secara luas di lingkungan Universitas Padjadjaran. 

Keywords
Kolaborasi; Perpustakaan Perguruan Tinggi; Layanan Referensi; Pojok Statistik
  1. Cassell, K. A., & Hiremath, U. (2018). Reference and information services: An introduction. Chicago: American Library Association.
  2. Galib, A. A. C., Arham, A., Ismaya, & Haruddin. (2022). Strategi membangun kerja sama dalam upaya peningkatan layanan perpustakaan. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 27–32. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/4476/1807
  3. Gani, S. A. (2020). Revitalisasi layanan referensi perpustakaan perguruan tinggi. LIBRARIA:, 12(2), 230–239. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/9016
  4. Hafifah, S., & Marsisno, W. (2022). Permasalahan dan potensi dalam diseminasi official statistics pada Badan Pusat Statistik. In Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 323-332. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1419
  5. Komariah, N., Saepudin, E., & Nurislaminingsih, R. (2021). Kolaborasi sebagai upaya peningkatan kinerja perpustakaan di Telkom University open library. Pustakaloka, 13(2), 178–198. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v13i2.3285
  6. Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressind (LPSP).
  7. Oktaviani, H. R., Saifudin, S., & Puspita, R. E. (2019). Kualitas layanan sebagai strategi peningkatan kepuasan pengunjung perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 159–174. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.159-174
  8. Putra, I. P., & Irawati, I. (2018). Layanan referensi sebagai representasi perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(1), 77. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i1.13464
  9. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Pub. L. No. 43, 1 (2007).
  10. Rifauddin, M. (2017). Keterampilan sosial pustakawan dalam memberikan pelayanan bermutu di perpustakaan. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(1), 102–112. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a9
  11. Stiawan, F. D., & Kurniawan, A. T. (2019). Analisis implementasi kerjasama UPT Perpustakaan IAIN Salatiga dengan kedutaan besar India dalam penyediaan layanan India Corner. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(2), 41–50. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23110
  12. Suratmi, I. (2021). Meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan melalui kerja sama antar perpustakaan. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.24821/jap.v1i2.5952

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-10-18
Published: 2024-03-15
Section: Articles
Article Statistics: