Pengaruh Volume Serat Aren terhadap Kekuatan Tarik dan Struktur Mikro Komposit Bermatrik Resin Polyester

Ryan Ardhitya Irawan* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Fadelan Fadelan -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Munaji Munaji -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Yoyok Winardi -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v4i01.9006

Komposit merupakan gabungan material yang terdiri dari dua atau lebih bahan dengan sifat yang berbeda untuk menghasilkan material baru dengan sifat yang lebih unggul dari sifat asli material dasar. Salah satu yang sering dijumpai komposit serat alam dimana komposit ini gabungan antara serat yang dapat dari alam dan digabungkan dengan resin. Komposisi serat sangat berpengaruh terhadap sifat yang dihasilkan maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kekuatan tarik dan struktur mikro pada komposit serat aren dengan menggunakan empat variasi campuran resin polyester dan serat aren dengan perbandingan (100% : 0%, 75% : 25%, 65% : 35%, 55% : 45%) dan konfigurasi susunan serat acak. Pengujian spesimen menggunakan mesin uji tarik dan mesin uji struktur mikro. Dari hasil pengujian tarik didapatkan kekuatan tegangan tarik tertinggi pada variasi campuran resin polyester 55% : 45% serat aren dengan nilai 11,60 N/mm2. Dengan penambahan volume serat aren dapat meningkatkan kekuatan tarik komposit serat aren bermatrik resin polyester. Setelah dilakukan pengujian struktur mikro dapat dilihat bahwa dengan bertambahnya volume serat aren maka dapat menurunkan/ meminimalisir terjadinya rongga atau cacat pada spesimen.

Supplement Files

  1. I. Surya dan Suhendar “Sifat Mekanis Komposit Serat Acak Limbah Sabut Kelapa,” Jur. Tek . Mesin. Univ. Bandar. Lampung, vol. 2, no. 1, pp. 1-66, 2016.
  2. B. Sinaga, C. S. P. Manurung, R. A. M. Napitupulu, M. Tampubolon, dan S. Sihombing, “Analisa Kekuatan Tarik dan Kekerasan Komposit Resin Polyester yang Diperkuat dengan Serat Pohon Aren (Ijuk) dengan Variasi Acak, Lurus, dan Terputus-putus Pendek,” Citra Sains Teknologi, vol. 1, no. 2, pp. 50-58, Januari. 2022.
  3. M. Muhajir, M. A. Mizar, dan D. A. Sudjimat, “Analisis Kekuatan Tarik Komposit Matriks Resin Berpenguat Serat Alam Dengan Berbagai Varian Tata Letak,” Jur. Tek. Mesin. Univ. Negeri Malang, no. 2, Oktober. 2016.
  4. Idris, L. K. Manggala, dan B. Sudia, “Pengaruh Variasi Komposisi Komposit Berbahan Gypsum, Serat Ijuk Pohon Aren Dan Resin Polyester Terhadap Kemampuan Meredam Suara,” Jur. Ilmiah. Mahasiswa. Tek. Mesin. Univ. Halu. Oleo, vol. 3, no. 2, Juni. 2018.
  5. E. Yusuf dan Aljufri, “Analisa Kekuatan Tarik Serat Tunggal Pelepah Aren Dengan 10% NaOH,” Malikussaleh. Journal. Of. Mechanical. Science. And. Technology, vol. 4, no. 2, 2016.
  6. M. Budi. Nur. Rahman, Bambang. Riyanta, dan Kuncoro Diharjo, “Pengaruh Fraksi Volume Serat Dan Lama Perendaman Alkali Terhadap Kekuatan Impak Komposit Serat Aren-Polyester,”Jur. Ilmiah. Semesta. Teknika, vol. 14, no. 1, pp. 26-32, Mei. 2011.
  7. Fatkhurrohman dan M. A. Irfa’I, “Studi Fraksi Volume Serat Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Polyester Berpenguat Serat Pohon Aren (Ijuk),” Jur. Tek. Mesin. Univ. Negeri Surabaya, vol. 4, no 2, pp. 161-168, 2016.
  8. F. R. Titani, C. L. Imalia, dan Haryanto, “Pemanfaatan Serat Sabut Kelapa Sebagai Material Penguat Pengganti Fiberglass Pada Komposit Resin Polyester Untuk Aplikasi Bahan Kontruksi Pesawat Terbang,” Jur. Nasional. Techno, vol. 19, no. 1, pp. 023-028, April. 2018.
  9. M. Budi. Nur. Rahman, Bambang. Riyanta, dan Kuncoro Diharjo, “Pengaruh Fraksi Volume Serat Dan Lama Perendaman Alkali Terhadap Kekuatan Impak Komposit Serat Aren-Polyester,”Jur. Ilmiah. Semesta. Teknika, vol. 14, no. 1, pp. 26-32, Mei. 2011.
  10. Fatkhurrohman dan M. A. Irfa’I, “Studi Fraksi Volume Serat Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Polyester Berpenguat Serat Pohon Aren (Ijuk),” Jur. Tek. Mesin. Univ. Negeri Surabaya, vol. 4, no 2, pp. 161-168, 2016.

Full Text: Supp. File(s):
Pengaruh Volume Serat Aren Pada Komposit Bermatrik Resin Polyester Terhadap Uji Tarik dan Struktur Mikro
Subject Serat Aren, Komposit, Uji Tarik
Type Research Results
  Download (1MB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-02-27
Published: 2024-05-11
Section: Articles
Article Statistics: