Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di SDIT Hidayatullah Kota Bengkulu

Ady Darmansyah* -  , Indonesia
Atika Susanti -  PGSD Universitas Bengkulu, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp66-76

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan profil pelajar Pancasila dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa di SDIT Hidayatullah Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti adalah guru dan siswa kelas IV SDIT Hidayatullah Kota Bengkulu. Obyek penelitian adalah kegiatan pelaksanaan profil pelajar Pancasila yang sedang berlangsung. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara narasi dengan pemaknaan secara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa guru dan siswa sudah melaksanakan profil pelajar Pancasila dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan baik. Pelaksanaan dimensi ini meliputi: (1) akhlak kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan sholat Dhuha, murajaah hadist, dan sholat Dzuhur berjamaah; (2) akhlak dalam hubungan dengan diri sendiri dengan menjaga kesehatan jasmani dan rohani, rajin berolahraga, makan makanan yang halal, juga bertanggung jawab ketika belajar; (3) akhlak dengan sesama manusia dengan menjaga hubungan baik dengan sesama manusia; (4) akhlak dengan lingkungan alam dengan mengenal berbagai jenis tanaman dan melakukan perkembangbiakan lebah penghasil madu; dan (5) akhlak sebagai warga negara diwujudkan dengan rutin melaksanakan upacara bendera sebagai implementasi sikap bela negara.
Keywords
Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Siswa Sekolah Dasar
  1. Abidin, M., Maryono, & Muntaqo, R. (2019). Konsep Hablum Minannas Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Kajian Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali). Repostory FITK UNSIQ.
  2. Adri, J., Ambiyar, A., Refdinal, R., Giatman, M., & Azman, A. (2020). Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 170. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1845
  3. As, U. S, Hardiansyah, H., & Darmansyah, A. (2022). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Al-Kautsar Kota Tangerang pada Era Pendemi Covid 19. Eduprof : Islamic Education Journal, 4(2), 146-158. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.122
  4. Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61.
  5. Darmansyah, A., Muktadir, A., & Anggraini, D. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning dengan Memanfaatkan Barang Bekas Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 179–189.
  6. Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
  7. Fatimiyah, F., Syamsudin, M. I., Fradillah, A.N. & Arsyam, M. (2020). Akhlak Bermasyarakat dan Bernegara dalam Islam. OSF Preprints 8dm4y, Center for Open Science, 5(3), 248–253. Doi: 10.31219/osf.io/8dm4y
  8. Fazrian, R., Ramli, & Jamain, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Journal of Social and Economics Research, 3(2), 157-165. https://doi.org/10.54783/jser.v3i2.29
  9. Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 73.-87.
  10. Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Widina Bhakti Persada.
  11. Irawati, D., Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
  12. Jakak, P.M., Rifa’i, M.N., & Azizah, B. (2023). Peranan Pancasila dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan di Era Gelobalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 11-21. http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v8.n1.2023.pp11-21
  13. Jannah, M. (2018). Studi Komparasi Akhlak Terhadap Sesama Manusia antara Siswa Fullday School dengan Siswa Boarding School di Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2216
  14. Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang.
  15. Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
  16. Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.
  17. Kemendikbud. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.
  18. Khaerun Rijaal, M. A. (2021). Fenomena Intoleransi Antar Umat Beragama Serta Peran Sosial Media Akun Instagram Jaringan Gusdurian Indonesia dalam Menyampaikan Pesan Toleransi. Syiar: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2), 101–114. https://doi.org/10.54150/syiar.v1i2.41
  19. Kholish, M.J. (2021). Etika dan Moral dalam Pandangan Hadis Nabi SAW. Jurnal Riset Agama, 1(1), 83-96. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jra
  20. Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170-5175.
  21. Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 54-59. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12431
  22. Rizkasari, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, X(1), 50-60. 10.30659/pendas.10.1.50-60
  23. Rusnaini. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249. http://dx.doi.org/ 10.22146/jkn.67613
  24. Saryadi, Putri, S.N.A., Puspitasari, H, & Setyaningsih, E. (2020). Pembiasaan Sholat Dhuha Berjama’ah Terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 120–125. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12839
  25. Sofannah, I. A., Amrullah, M., & Wardana, M. D. K., (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 115-125. http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v8.n2.2023.pp115-12
  26. Susanti, A., Setiono, P., Putri, A.C., Puspita, F., Syafitri, R. & Aprilianti, N (2021). Aktualisasi Pendidikan Bela Negara Peserta Didik SDIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Jurnal Sekolah, 6(1), 11-20. https://doi.org/10.24114/js.v6i1.29843
  27. Susanti, A., Darmansyah, A., Tias, D.N., Hidayat, R., Syahputri, D.O., Wulandari, S., & Rahmasari, A. (2023). The Implementation of Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students in the Independent Curriculum for Elementary School Students. IJECA International Journal of Education & Curriculum Application, 6(20), 113-122. https://doi.org/10.31764/ijeca.v6i2.15474
  28. Vania, V.A., Dayati, S.P., & Kusumastuti, E. (2022). Nilai-Nilai Etika, Akhlak dan Moral dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(1), 13–24. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.537.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-08-27
Published: 2024-02-29
Section: Artikel
Article Statistics: