PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Ervina Haris Akuba* -  , Indonesia
Nurhayati Abbas -  Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Yamin Ismail -  Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v9i1.9024

Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu perubahan tersebut adalah meningkatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D)bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika yang layak dan praktis untuk materi operasi hitung pecahan di kelas V. Bahan ajar tersebut dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan four-D, namun penyebarannya hanya dilakukan secara terbatas di sekolah peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa kelas V SDN No.09 Kota Barat, Kota Gorontalo. Hasil dari validasi materi dan ahli media menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria baik. Selain itu, hasil respon peserta didik terhadap e-modul tersebut juga positif, dengan rata-rata presentase 88%. Hal ini menunjukkan e-modul matematika pada materi operasi hitung pecahan ini sudah baik dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi operasi hitung pecahan di kelas V

Supplement Files

Keywords
E-Modul, 4-D Model, fractions
  1. Abbas, N. (2012). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Portofolio di SMPN 10 Kota Gorontalo. Pendidikan Dan Pembelajaran, 16 (2), 125–130.
  2. Afri, L. D., & Br. Sembiring, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika melalui Aplikasi Kine Master pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3417–3430. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1475
  3. Damopolii, Vemsi dkk. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME) Vol 1. No 2, 74-85.
  4. Fourilla, & Fauzi, A. (2019). Media analysis in development of physics e-module integrated with tsunami disaster. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012106
  5. Hafsah, N. R. J., Rohendi, D., & Purnawan. (2016). E-Modul Sebagai Media Dalam Penigkatan Kualitas Belajar. Jurnal Teknik Mesin, 03(01), 106. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200
  6. Haidha, N., Santoso, D., & Lubis, R. S. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis android aplikasi kinemaster pada materi matriks. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(5), 691–707.
  7. Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
  8. Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
  9. Iriani, T., Elvarita, A., & Handoyo, S. S. (2020). Peningkatan Materi Pelajaran Mekanika Tanah. JPenSil, 09(01), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987
  10. Numberi, M. M., Mohidin, A. D., Oroh, F. A., & ... (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP Negeri 3 Satap Tabongo. JEMS: Jurnal Edukasi …, 11(2). https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16468
  11. Pauweni, K. A. Y., & Iskandar, M. E. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372
  12. Perdana, F. A., Sarwanto, Sukarmin, & Sujadi, I. (2017). Use Electronic Modules In Developing Student Thinking Skills. Jurnal UNS, 01(01), 45–54. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112
  13. Raharjdo, M. (2012). model pembelajaran inovatif (cet. 1). Gava Media.
  14. Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733–2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759
  15. Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800
  16. Suleman, M., Ismail, Y., Machmud, T., & Majid, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model PBL Dengan Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Materi Luas Dan Volume Kubus Dan Balok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4960–4974.
  17. Sutiah. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
  18. Syukru, H. (2020). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.
  19. Takaendengan, B. R., Anwar, A., Takaendengan, W., & Kobandaha, P. E. (2022). Identifikasi Kesalahan Jawaban Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real Berdasarkan Newmann’s Error Analysis. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2), 235–243. https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16777

Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (254KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-03-04
Published: 2024-07-09
Section: Artikel
Article Statistics: