PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA

Dita Dwi Utami -  , Indonesia
Pentatito Gunowibowo -  Universitas Lampung, Indonesia
Sri Hastuti Noer* -  Universitas Lampung, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v9i1.9010

Rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan kurangnya penerapan pembelajaran yang sesuai dengan pendidikan di masa kini menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 270 siswa yang terdistribusi ke dalam 9 kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 36 siswa dan VIII B yang berjumlah 38 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open Ended lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji kesamaan dua proporsi menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open Ended lebih tinggi daripada kelas yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan Open Ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.

Supplement Files

Keywords
Influence; Mathematical Reflective Thinking Ability; Open Ended
  1. Andriani, Y. N., & Madio, S. S. (2013). Perbandingan Kemampuan Berpikir Reflektif Antara Siswa Yang Mendapatkan Pendekatan Open Ended Dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 135–144. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i2.279.
  2. Aprilia, N. C., Sunardi, S., & Trapsilasiwi, D. (2017). Proses Berpikir Siswa Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VII SMPN 11 Jember. Jurnal Edukasi, 2(3), 31. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i3.6049.
  3. Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Armelia, M. N., & Ismail, I. (2021). Pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1757–1768. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.687.
  5. Basir, F. (2018). Penerapan Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP. Jurnal Elektronik, 3(1), 148–155. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/958.
  6. Dewey, J. (1933). How We Think; A Restatement of the Relation of Reflective Thinking to Education process. Lexington, MA: Heath.
  7. Dewi, N. S. & Juandi, D. (2023). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Systematic Literature Review. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 1135-1150.
  8. Dewi, P. S. (2018). Efektivitas Pendekatan Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 7(1), 11–19. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.
  9. Hake, R. (1999). Analizying Change / Gain Score. Dept. of Phycisc Indiana University. https://physics.indiana.edu.
  10. Hidayat, W. & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.
  11. Jepliawati, D., Noer, S.H. & Gunowibowo, P. (2013). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 1(5). https://core.ac.uk/download/pdf/295479745.pdf.
  12. Mutamam, A. N., Susilawati, W., Maryono, I., & Nuraida, I. (2022). Kemampuan Berpikir Reflektif Abstraktif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Students’ Mathematical Abstractive Reflective Thinking Ability Through Contextual Learning. Gunung Djati Conference Series, 12, 68–72.
  13. Noer, S. H. (2008). Problem-Based Learning dan Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2008, 268–280.
  14. Noer, S. H. (2010). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia. [tidak diterbitkan].
  15. Noer, S. H., Gunowibowo, P., & Triana, M. (2020). Development of guided discovery learning to improve students reflective thinking ability and self learning. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012041.
  16. Tarigan, R. A. & Wirevenska, I. (2019). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas VIII SMP Harahap Stabat. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(2), 121-127.
  17. Utomo, V. O. Y., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended. KADIKMA, Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 125–134. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/6822.
  18. Shimada, S., & Becker, J. (1997). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia : NCTM.

Full Text: Supp. File(s):
Surat Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah
Subject Surat Pernyataan
Type Surat Pernyataan Karya Ilmiah
  Download (211KB)    Indexing metadata
Instrumen Penelitian
Subject
Type Research Instrument
  Download (540KB)    Indexing metadata
Data Skor Pretest Posttest
Subject Data Penelitian
Type Data Set
  Download (51KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-02-27
Published: 2024-07-09
Section: Artikel
Article Statistics: