TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) MAHASISWA TAHUN KETIGA CALON GURU MATEMATIKA

Hanifa Faradilla* -  Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
Aan Putra -  Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v9i1.8951

Calon guru harus memiliki pengetahuan tentang teknologi, pedagogi, dan konten matematika yang baik agar pembelajaran mencapai hasil yang optimal. Oleh karena itu, mahasiswa calon guru matematika harus dilengkapi dengan pemahaman tentang teknologi, pedagogi, dan konten matematika melalui berbagai mata kuliah. Namun, untuk mengevaluasi efektivitas mata kuliah tersebut dalam meningkatkan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK), perlu dilakukan pengukuran secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat TPACK mahasiswa tahun ketiga calon guru matematika. Penelitian ini melibatkan 20 mahasiswa tahun ketiga pendidikan matematika dari salah satu perguruan tinggi di Jambi, Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Angket TPACK yang digunakan terdiri dari 7 komponen TPACK dengan 35 pernyataan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung memiliki TPACK pada tingkat sedang. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari perguruan tinggi untuk mengoptimalkan TPACK mahasiswa melalui perkuliahan atau kegiatan di luar kelas selama masa studi yang tersisa

Keywords
TPACK, Prospective Mathematics Teacher Students, Technological Knowledge, Pedagogical Knowledge, Content Knowledge
  1. Affandi, L. H., Saputra, H. H., & Husniati, H. (2020). The Mapping of Elementary School Teachers’ Pedagogical Knowledge. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2), 37–4.
  2. Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.
  3. Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika dan Keterampilan Metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048–2056.
  4. Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250–264.
  5. Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284.
  6. Fitriyah, L. A., Hayati, N., & Wijayadi, A. W. (2020). The Content Knowledge Ability Of Science Teacher Candidates: The Analysis Of Learning Media Development. Jurnal Pena Sains : Jurnal Pendidikan Sains Dan Sains Murni, 7(2), 83–87.
  7. Fuada, Z., Soepriyanto, Y., & Susilaningsih, S. (2020). Analisis Kemampuan Technological Content Knowledge (TCK) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 251–261.
  8. Hadi, F. R., & Kurniawati, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Tpack Mahasiswa Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Sekolah Dasar. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(1), 85–94.
  9. Hafinda, T. (2022). Kemampuan Mengajar Calon Guru: TPACK Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika MI/SD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 158–168.
  10. Hendriana, H. (2011). Pembelajaran Matematika Humanis Dengan Methaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kreatifitas Matematika Dan Kepercayaan Diri Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME): Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18–29. https://doi.org/10.23969/pjme.v1i1.2362
  11. Herizal, H., Nuraina, N., Rohantizani, R., & Marhami, M. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1847–1857. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2665
  12. Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2018). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SOSHUM Setingkat SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 291–298.
  13. Kurniasih, N. (2023). Exploring Teachers’ Technological and Pedagogical Knowledge: A Case Study in Semarang Excellence School. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 11(1), 49–59. https://doi.org/10.15294/ijcets.v11i1.39326
  14. Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi Di Kelas. Journal Of Biology Education, 2(2), 162–171. https://doi.org/10.21043/jbe.v2i2.6352
  15. Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework For Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
  16. Murtiyasa, B., & Atikah, M. D. (2021). Kemampuan TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2577–2590. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4351
  17. Mustika, D., Jamaris, J., Miaz, Y., Fitria, Y., & Marsidin, S. (2022). Kemampuan Technological Knowledge Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9230–9236.
  18. Mutlu, Y., Polat, S., & Alan, S. (2019). Development of Preservice Mathematics Teachers’ TPACK through Micro Teaching: Teaching the VuStat Program. International Journal of Technology in Education and Science, 3(2), 107–118.
  19. Nasar, A., & Daud, M. H. (2020). Analisis Kemampuan Guru IPA Tentang Technological Pedagogical Content Knowledge pada SMP/MTs di Kota Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.413
  20. Nopriyeni, Prasetyo, Z. K., Djukri, & Yanto, B. E. (2019). Development Of Instruments To Improve Student’pedagogical Knowledge Based Mentoring. In Journal of Physics: Conference Series, 1241(1).
  21. Nuangchalerm, P. (2020). TPACK in ASEAN Perspectives: Case Study on Thai Pre-Service Teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 993–999.
  22. Nuryanti, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA/MA Berbasis TCK. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
  23. Oner, D. (2020). A Virtual Internship For Developing Technological Pedagogical Content Knowledge. Australasian Journal of Educational Technology, 36(2), 27–42.
  24. Padmavathi, M. (2017). Preparing Teachers For Technology Based Teaching-Learning Using TPACK. Journal on School Educational Technology, 12(3), 1–9.
  25. Perdani, B. U. M., & Andayani, E. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 99–115.
  26. Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0: Kajian Dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif, 6(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
  27. Sahidin, L., & Pradjono, R. (2022). Eksplorasi TPACK dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 212–227. https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.15
  28. Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
  29. Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104–126.
  30. Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Pada Mata Kuliah PP Bio. SNPS, 58–64.
  31. Supriyadi, S., Bahri, S., & Waremra, R. S. (2018). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 1–9.
  32. Suryawati, E., Firdaus, L. N., & Yosua, H. (2014). Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, 11(1), 67–72. http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.11.1.67-72
  33. Susanti, P. D., & Retnasari, L. (2021). The Effect of Teacher’s Pedagogical Knowledge on Class Management in Elementary Schools In Sanden Distric. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 7–14. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v6i1.1261
  34. Susilowati, S. (2015). Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru IPA SMP Kelas VIII dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 72–78. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7238
  35. Sutamrin, S., Rosidah, R., & Zaki, A. (2022). The Pedagogical Content Knowledge (PCK) of Prospective Teachers. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4), 399–405. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1291
  36. Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi SMA Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
  37. Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881
  38. Wardani, S., Mudzalipah, I., & Hidayat, E. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 167–177. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i2.36132
  39. Widyanto, Z., Maniagasi, M. P., Muhaemin, I. A., & Syaiful, A. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Penjas Di Kota Jayapura. ADM: Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 1(2), 229–234.
  40. Wulandari, M. R., & Iriani, A. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 177–189. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p177-189
  41. Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. 2, 1–17.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-02-15
Published: 2024-07-09
Section: Artikel
Article Statistics: