Strategy For Building Discipline In Early Children At TKU Daar El Dzikir Sukoharjo For Academic Year 2022/2023

Endang Setyowati* -  Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Darsinah Darsinah -  Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/jin.v8i1.6521

 

Disiplin merupakan kualitas moral bangsa yang penting ditanamkan kepada anak usia dini. Pembentukan disiplin dimulai  dari keluarga dan sekolah. Hal ini  berpengaruh pada perkembangan anak usia dini dan penanaman kepribadian yang terpuji ketika dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi membangun kedisiplinan anak usia dini di TKU Daar El Dzikir tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TKU Daar El Dzikir, Soronanggan, Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sumber data yakni semua guru di TKU Daar El Dzikir Sukoharjo.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membangun kedisiplinan di TKU Daar El Dzikir Soronanggan, Bulu, Sukoharjo adalah dengan merencanakan dan menetapkan peraturan, membuat anak nyaman dengan lingkungan sekolah, pemberian contoh/teladan dari guru, pembiasaan dan konsistensi, pemberian penghargaan/ reward dan penerapan konsekuensi

 

 

 

 

 

 

 

Discipline is a nation's moral quality that is important to be instilled in early childhood. The formation of discipline starts from the family and school. This has an effect on the development of early childhood and the inculcation of a commendable personality as an adult. This study aims to determine strategies for building discipline in early childhood at TKU Daar El Dzikir in the 2022/2023 academic year. This research is a descriptive qualitative research. This research was conducted at TKU Daar El Dzikir, Soronanggan, Bulu, Sukoharjo, Central Java. The data sources are all teachers at TKU Daar El Dzikir Sukoharjo. Data collection techniques use observation and interviews. Validation using source triangulation technique. Data analysis in this study used an interactive analysis model, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the strategy for building discipline at TKU Daar El Dzikir Soronanggan, Bulu, Sukoharjo is to plan and set rules, make children comfortable with the school environment, provide examples/examples from teachers, habituation and consistency, giving rewards and applying consequences

Keywords
strategy discipline, earlychildhood
  1. Ananda, R., Wijaya, C., & Siagian, A. (2022). Pembinaan Sikap Disiplin Anak Raudhatul Athfal Rusydi Ananda 1 , Candra Wijaya 2 , Amrullah Siagian 3 . 6(1), 1277–1284. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2296
  2. Aristowati. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN DISIPLIN PADA ANAK TK DI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. BELIA: Early Childhood Education Paper, VOL 3 NO 1. https://doi.org/10.15294/BELIA.V3I1.3417
  3. Bronfenbrenner, U. (1986). Ecology Of The Family As A Context For Human Development Research Perspectives. In Developmental Psychology.
  4. Cahyono, D. D., Darsinah, D., & Wulandari, M. D. (2022). Kontribusi Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak pada Usia Sekolah Dasar. MASALIQ, 2(3), 394–405. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i3
  5. DIREKTORAT PAUD. (2020). Cara Menata Lingkungan Bermain Anak Usia Dini. PaudPedia Direktorat PAUD - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/komunitas-pembelajar/guru-kreatif/cara-menata-lingkungan-bermain-anak-usia-dini?ref=MjAxODExMjExMzE2MDMtMzgwM2UxNGU3YjEw&ix=Mi0yNzUzY2RjM2I4MmQ=
  6. Elfan Fanhas F Kh, & Mukhlis, G. N. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI MENURUT Q.S. LUKMAN : 13 – 19. Pedagogi, 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3a
  7. Hurlock, E. B. (1999). Perkembangan Anak. Erlangga.
  8. Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). HUBUNGAN METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN DENGAN DISIPLIN ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 50–55. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.3.2.105-110
  9. Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah
  10. Bustanul Athfal 33 Kota Malang. In Jurnal Pendidikan Nonformal (Vol. 14, Issue 1, p. 54). https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67
  11. Madani, T. S. (2022). 26 Orang Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Sukoharjo Tahun Ini Baca artikel Solopos.com “26 Orang Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Sukoharjo Tahun Ini” selengkapnya di sini: https://www.solopos.com/26-orang-meninggal-dunia-a. Solopos.Com. https://www.solopos.com/26-orang-meninggal-dunia-akibat-kecelakaan-lalu-lintas-di-sukoharjo-tahun-ini-1431200
  12. Madiyanah, A. N., & Farihah, H. (2020). MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARD. Jurnal Teladan, 5 No1, 17–26. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/122
  13. Marsum. (2019). Pilar-pilar Pengembangan PAUD Berbasis Kemandirian. CV PUSTAKA INSPIRATIF.
  14. Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method.Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Universitas Indonesia (UI-PRESS).
  15. Mini, R. (2011). Disiplin pada anak. PADA ANAK DISIPLIN Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.
  16. Munaamah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9 No 3, 355–362. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38329
  17. Musbikin, I. (2021). Tentang Pendidikan Karakter dan Religius Dasar Pembentukan Karakter. Nusa Media. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=8BVtEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=imam+musbikin&ots=aOdH9E_e4J&sig=-xQEGiGJ4R_J0KKCf3INntD3pZw&redir_esc=y#v=onepage&q=imam musbikin&f=false
  18. Nazir, M. (2009). Meode Penelitian (R. Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.
  19. Nurhayati, & Ab, H. (2020). Strategi Guru dalam Membangun Kedisiplinan Belajar Siswa. In Jurnal Pendais (Vol. 2, Issue 1, pp. 72–89). https://www.google.com/search?q=Nurhayati%2C+%26+Ab%2C+H.+(2020).+Strategi+Guru+dalam+Membangun+Kedisiplinan+Belajar+Siswa.+Jurnal+Pendais%2C+2(1)%2C+72–89.&oq=Nurhayati%2C+%26+Ab%2C+H.+(2020).+Strategi+Guru+dalam+Membangun+Kedisiplinan+Belajar+Siswa.+Jur
  20. Ockwell-Smith, S. (2017). GENTLE DISCIPLINE Using Emotional Connection- Not Punishment to Raise Confident, Capable Kids. Tarcher Perigee.
  21. PAUDNI. (2012). Pedoman pendidikan karakter pada anak usia diniD. Kementerian penddikan nasional.
  22. Permendikbud. (2014). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DININo Title. https://repositori.kemdikbud.go.id/12860/1/Permendikbud No. 137 Tahun 2014 - SN-PAUD.pdf
  23. Pers, O. U. (2022). Oxford Learner’s Dixtionaries. © 2022 Oxford University Press. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/
  24. Prof. DR. Lexy J. Moleong, M. A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
  25. Puspita, Y., Fitriana, & Akhya, Y. (2022). Implementasi Pendekatan Behaviorisme Dalam Pemberian Reward Untuk Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2 No 1, 89–99. http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/arraihanah/article/view/118
  26. Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2468
  27. Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 2, pp. 1845–1857). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1617
  28. Suryadi. (2006). Kiat Jitu Dalam Mendidik Anak Berbagai Masalah Pendidikan dan Psikologi. Edsa Mahkota.
  29. Sutisna, O. (1990). Administrasi Pendidikan. Angkasa.
  30. Unaradjan, D. (2003). Manajemen Disiplin. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  31. Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen. (2005). Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen. JDIH Di Lingkungan BPK RI. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
  32. Verawaty, & Izzati. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278–1287. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/594

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-01-06
Published: 2023-03-09
Section: Artikel
Article Statistics: