Pemanfaatan AI dalam Era Kurikulum Merdeka : Perspektif Siswa dan Guru Sekolah Menengah
DOI : 10.24269/dpp.v12i1.9852
Kemunculan AI memiliki dampak dalam perubahan dalam proses pencarian informasi, terutama bagi siswa dalam penyelesaian tugasnya. Pemanfaatan ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi para guru, untuk mengevaluasi dengan perkembangan teknologi saat ini dengan melihat dari sudut pandang dari siswa mengenai AI. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran kondisi dari siswa menengah dan melihat seberapa efektifnya pemanfaatan AI oleh mereka, sehingga guru dapat beradaptasi dengan adanya AI ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan AI dari siswa dan guru sudah banyak digunakan. Berdasarkan perspektif siswa, AI digunakan untuk membantu mereka menyelesaikan tugas sekolah, sedangkan dari perspektif guru, AI dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan mereka, dalam pembuatan soal, penyelesaian administrasi guru, dan penyelesaian tugas pada Platform Merdeka Mengajar di Kurikulum Merdeka. Selain itu, kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa perlunya perubahan metode pembelajaran dan sistem penugasan agar penilaian peserta didik tidak hanya terfokus dalam kemampuan mereka mencari informasi, melainkan dalam hal keterampilan mereka dalam memahami dan menganalisis suatu permasalahan.
Keywords
AI; Persepsi Siswa dan Guru; AI dalam Pendidikan; Kurikulum Merdeka.
- Adi, A. P. K., Wahyuni, S., Purwosetiyono, F. D., & Nugroho, D. S. (2023). Pemanfaatan Ai (Artificial Intelligence) Bagi Guru Untuk Membantu Kinerja Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Lp Ma’arif Nu Jepara. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 2(2), 63-70.
- Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
- Halimah, L. N., Nurhadi, N., & Ghufronudin, G. (2023). Persepsi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Sukoharjo (Analisis Teori Fenomenologi Persepsi Maurice Merleau-Ponty). Journal on Education, 6(1), 7328-7333. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3995
- Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
- Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 172-180.
- Kim, N. J., & Kim, M. K. (2022, March). Teacher’s perceptions of using an artificial intelligence-based educational tool for scientific writing. In Frontiers in Education (Vol. 7, p. 755914). Frontiers. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.755914
- Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala pendidikan, (3), 82440.
- Misnawati, M. (2023, April). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 54-67). https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.221
- Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode Focus Group Discussion pada Kegiatan In House Training (IHT) bagi Guru di SDN Pondok 03. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 51-57.
- Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pentingnya Ilmu Etika dalam Pendidikan Interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152-159. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.34734
- Pramudiana, I. D. (2017). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif untuk ABK di Surabaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-9.
- Rahman, M. M., & Watanobe, Y. (2023). ChatGPT for education and research: Opportunities, threats, and strategies. Applied Sciences, 13(9), 5783. https://doi.org/10.3390/app13095783
- Safitri, R. R., Sayla, R., Putri, D., Asyari, G., Andini, S., Chaidir, M., ... & Nasution, I. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Terhadap Peran Profesi Guru. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(5), 1778-1790.
- Salsabila, U. H., Insani, A. P. S., Mustofa, H., Kalma, M. E. Z., & Wibisono, M. I. (2023). Teknologi Pendidikan: Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan pasca Pandemi. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 79-88.
- Septiani, U. U., Degeng, I. N., & Sitompul, N. C. (2020). Development of Problem Based Learning Book for Indonesian Language and Literature Subject at Junior High School. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2).
- Sharples, M. (2022). Automated essay writing: An AIED opinion. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 32(4), 1119-1126.
- Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Santo Gitakarma, M. (2022). Peran artificial intelligence (AI) untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Komteks, 1(1).
- Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 529-535.
- Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). Edukasi, 16(3), 294572.
- Wang, X., Li, L., Tan, S. C., Yang, L., & Lei, J. (2023). Preparing for AI-enhanced education: Conceptualizing and empirically examining teachers’ AI readiness. Computers in Human Behavior, 146, 107798. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.107798
- Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15-20.
![Open Access](https://litabmas.umpo.ac.id/plugins/themes/mpgUndip/templates/images/oa.png)
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.