Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Penguasaan Materi Dan Peran Peserta Didik Dalam Pembelajaran di SD 03 Kanigoro Madiun

Maya Kartika Sari* -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Budiyono Budiyono -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i2.9501

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap penguasaan materi dan peran peserta didik dalam pembelajaran di SDN 03 Kanigoro Madiun.Penelitian ini menggunaka penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus. Lokasi penelitian SDN 03 Kanigoro Madiun dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan materi IPAS kebutuhan hidup. Pengambilan data siswa sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan (participant observation), wawancara mendalam (in-depth interview), dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian diatas mengenai Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap penguasaan Materi dan peran peserta didik dalam pembelajaran pada peserta didik kelas 4 pada materi IPAS kebutuhan hidup di SDN 03 Kanigoro Madiun dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran Mind Mapping sangat mempengaruhi penguasaan peserta didik dalam menganalisis materi pelajaran dan menjadikan peserta didik menjadi lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itulah pembelajaran menggunakan Mind Mapping harus senantiasa digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik.

Keywords
Mind Mapping, penguasaan Materi, peran peserta didik
  1. Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Research, 2(23).
  2. Deby Fitriyani, Erlyani Syaodih, dan N. A. (2017). “Pengembangan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. EDUCARE, 15(2).
  3. Destri Eka Nita, Arwin Achmad, P. (2014). PENGARUH PENERAPAN MODEL Mind Mapping Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Dan Penguasaan Materi. Bioterdidik; Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(6), 1–12.
  4. Ekawati. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 31.
  5. Elita. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 177–182.
  6. Fauziah. (2017). Penerapan Model Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Siswa Pada Materi Sejarah Kerajaan Isam Di Indonesia. Mimbar Sekolah Dasar EJURNAL UPI BANDUNG, 4(2).
  7. Haizatul Faiza, R. K. (2024). Belajar Dan Pembelajaran. JURNAL BASICEDU, 8(1), 466–476.
  8. Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., Sholihat, A., Latifah, A. Z., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50.
  9. Istiadah. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Jawa Barat: In Edu Publisher.
  10. Kristiana, D. (2016). Implementasi Mind Mapping Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1–9.
  11. Kustiani, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.
  12. Lucia Damasanti, E. Z. N. (2023). Penggunaan Media PowerPoint Pada Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 1 Krian. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 11(1), 19–25.
  13. Marxy, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 180.
  14. Natriani. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3), 185.
  15. Nyoman, N., & Wati, K. (2021). Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal of Education Action Research, 5(4), 440–446.
  16. Prastiawati, L. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Sastra, 2(3), 417.
  17. Pubian, Y. M., H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 163–172.
  18. Putra. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Divergen Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Mind Mapping Pada Peserta Didik Di SMP. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 12(2), 84–90.
  19. Putrianingsih, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 7(1), 138–163.
  20. Reza, Noor Ellyawati, R. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping Dengan Powerpoint Di Sma Islam Terpadu Granada Samarinda. JURNAL PROMOSI | 1 Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9(1), 1–11.
  21. Rossa Ayuni, M. H. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perpajakan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 9(2), 100–106.
  22. Sarmi. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas dan Penguasaan Materi Pelajaran Ekonomi. JKTP, 3(1), 80–89.
  23. Septina Ayu Renggani, Wawan Priyanto, D. E. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SD. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 11(1), 233–241.
  24. Situmorang, H. B., Rahayu, P. M., & Munawwarah, R. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran (JPPP), 4(2), 117–120. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15475
  25. Susanti. (2016). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 37–42.
  26. Susilowati. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al- Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132.
  27. Tuerah, R. M. S. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979–988.
  28. Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif, V(1), 18–27.
  29. Vivi Alaida Khasanah, A. M. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis melalui Kegiatan Proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 11(2), 172–180.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-06-06
Published: 2024-07-30
Section: Artikel
Article Statistics: