Produksi Film Pendek Mateni di Festival Film Gadget

Muhammad Kevin Adam* -  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
Dwi Anggoro Bayu Aji -  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
L Akhun Dana Pradana -  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses manajemen produksi suatu film. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dari observasi arsip tim produksi. Banyak yang harus dipersiapkan ketika pembuatan film. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melalui wawancara yang melibatkan produser film. Penelitian ini menemukan proses bagaimana pembuatan suatu film. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana proses pembuatan film ini, mulai dari praproduksi, produksi, dan post produksi. Penelitian ini menemukan data bahwa, film “Mateni” memperoleh penghargaan sebagai pemenang Festival Film Gadget yang diselenggarakan oleh Broadcasting Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  1. Jayasekara, A. H. D. (2015). Disaster Reporting in Print Media (Special reference to selected newspapers in Sri Lanka). 2(9), 1–5.
  2. Sukmono, F. G., & Junaedi, F. (2019). Citizen Journalism and Online Community Media: A Case Study of pwmu.co. Jurnal The Messenger, 11(2), 198. https://doi.org/10.26623/themessenger.v11i2.1173
  3. de Britto Moran R.J. dan Ali Munandar (2020). MANAJEMEN PRODUKSI FILM, 28-52
  4. de Britto Moran R.J (2019). Tantangan Pasca Produksi Film
  5. Handayani, Muslih Aris (2006). Studi Peran Film dalam Dunia Pendidikan,11(2), 176-186.
  6. Hudoyo, Sapto, (2020). PELATIHAN DASAR-DASAR PRODUKSI FILM FIKSI PENDEK
  7. BERBASIS HERITAGE CITY BAGI SISWA SMA NU 1 GRESIK JAWA TIMUR, 8(1), 65-78.
  8. Mudjiono, Yoyon (2011). KAJIAN SEMIOTIKA DALAM FILM, 1(1), 126-138.
  9. Permana, Saptya Rangga Mohammad, Lilis Puspitasari, dan Sri Seti Indriani, 2019. FILM INDIE
  10. SEBAGAI MEDIA PENUNJANG KEHIDUPAN SOSIAL-BUDAYA DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM, 18(2), 156-168.
  11. Santoso, Vedy (2017). Kapital dan Strategi Garin Nugroho dalam Proses Produksi Film, 4(1), 11-18
  12. Sulistianti, Endah Wahyu (2020). MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN DALAM FILM, 57-87.
  13. Supriyadi. (2019). Pemanfaatan Plugin After Effect Untuk Produksi Film. Jurnal Komunikasi, 10(1), 33–41.
  14. Thifalia, Naurah dan Santi Susanti (2021). PRODUKSI KONTEN VISUAL DAN AUDIOVISUAL MEDIA SOSIAL LEMBAGA SENSOR FILM, 5(1), 39-55.
  15. Wienata, Yessy Arisanti & Amelia, Citra Ratna (2020). STRATEGI MANAJEMEN PRODUKSI FILM TELEVISI STARVISION TERHADAP ANGGARAN BIAYA PRODUKSITERKAIT BUDAYA INDONESIA, 6(1), 1-14.
  16. Kristol, I. (1983). Reflection of a Neoconservative: Looking Back, Looking Ahead. New York: Free
  17. Creswell, J.W. (2004). Fourth edition research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. London: SAGE Publications, Inc.
  18. Sapolsky, R. M. (2017). Behave: The biology of humans at our best and worst. Penguin Books.
  19. Aron, L., Botella, M., & Lubart, T. (2019). Culinary arts: Talent and their development. In R. F. Subotnik, P. Olszewski-Kubilius, & F. C. Worrell (Eds.), The psychology of high performance: Developing human potential into domain-specific talent (pp. 345–359). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0000120-016
  20. McKinney, C., & Smith, N. (2005). Te Tiriti o Waitangi or The Treaty of Waitangi: What is the difference? In D. Wepa (Ed.), Cultural safety in Aotearoa New Zealand (pp. 39-57). Auckland, New Zealand: Pearson Education New Zealand.
  21. Johnson, S. (2013). Style strategies (Master’s thesis). UCOL, Whanganui School of Design, Whanganui, New Zealand.
  22. Mann, D. L. (2010). Vision and expertise for interceptive actions in sport (Doctoral dissertation, The University of New South Wales, Sydney, Australia). Retrieved from http://handle.unsw.edu.au/1959.4/44704

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-08-08
Published: 2022-08-01
Section: Articles
Article Statistics: