PENDAMPINGAN PENGUCAPAN (PRONUNCIATION) DALAM BAHASA INGGRIS DI PONDOK MODERN
DOI : 10.24269/adi.v2i2.1272
Pengucapan bahasa dalam bahasa inggris khususnya memang sangat rentan sekali dalam membuat kesalahan. Terkadang orang tidak mampu atau bahkan malu mempraktekkan bahasa inggris karena takut salah dalam mengucapkan bahasa tersebut. Jadi banyak sekali dikalangan para siswa pendidikan anak dini sampai level mahasiswa bahkan seorang dosen pun kebanyakan merasakan hal yang sama. Oleh karena itu pendampingan pengucapan bahasa Inggris ini harus dilaksanakan secara konsisten dan optimal. Kegiatan Ipteks bagi Masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah apa yang membuat para santri enggan mengucapkan dalam bahasa Inggris di pondok modern. Kebanyakan mereka berpendapat bahwa bahasa Inggris sulit pengucapannya. Sebenarnya pengucapan bahasa Inggris itu tidak sulit untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari selama mengetahui cara membacanya dengan menggunakan metode drilling pada setiap item dan simbul suara dalam pembelajarannya. Metode yang akan diterapkan dalam kegiatan Pengabdian masyarakat ini meliputi beberapa tahap, yaitu: identifikasi kesulitan pengucapan dalam bahasa Inggris, media pembelajaran khususnya dalam hal simbul suara, dan seminar tentang pengucapan bahasa Inggris. Pada akhirnya, dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini diharapkan para santri pondok modern tidak canggung lagi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka karena mereka mempunyai pedoman buku standar tentang simbul suara, sehingga mereka dapat dengan mudah mempraktekkan bahasa tersebut dimanapun mereka berada.
Supplement Files
Keywords
Pendampingan, Pengucapan (Pronunciation), Bahasa Inggris, Pondok Modern
- Grant, L. 2010. Well Said Pronunciation for Clear Communication. Boston: Heinle&Heinle, a division of Thomson Learning, Inc.
- Maghfiroh, Ana. 2013. Pembentukan Karakter Bahasa Asing melalui Language Discipline di Pesantren. Ponorogo.