Pengaruh Library Anxiety dalam Akses Layanan Referensi Mahasiswa di UPT Perpustakaan IAIN Kediri

Galuh Indah Zatadini -  UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
Uswatun Khasanah* -  UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v7i1.6942

Perpustakaan saat ini telah menerapkan sistem otomasi salah satunya pada layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi. Layanan referensi yang dimaksud adalah akses yang dimiliki perpustakaan untuk merujuk ke suatu koleksi perpustakaan seperti OPAC, e-journal, e-thesis, repository dan akses rujukan lainnya. Penerapan otomasi di perpustakaan memiliki kendala yang dialami mahasiswa yaitu rasa cemas karena merasa kurang terampil dalam memanfaatkan layanan tersebut. Selain itu, terbatasnya sumber informasi yang dimiliki perpustakaan serta wabah dari covid-19 juga berdampak pada kebiasaan mahasiswa yang lebih nyaman untuk mengakses referensi dari website lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh library anxiety yang dialami mahasiswa saat mengakses layanan referensi di UPT Perpustakaan Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif, yaitu untuk mengetahui hubungan atau sebab dan akibat dari adanya library anxiety yang dialami mahasiswa pada saat mengakses layanan referensi di UPT Perpustakaan IAIN Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuisioner
tertutup berisi beberapa pertanyaan yang diberikan kepada responden dalam bentuk pilihan ganda dengan populasi seluruh mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2021 kemudian dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan sampel sejumlah 96. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh library anxiety dalam akses layanan referensi mahasiswa sebesar 49,4% sedangkan sisanya dipengaruhi hal lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 Kata kunci: Library Anxiety, Layanan Referensi, Perpustakaan Perguruan Tinggi, IAIN KEDIRI 
  1. Agustin, S. (2022, April 16). Mengenal Anxiety yang Mengganggu dan Berbagai Jenisnya. Retrieved April 28, 2022, from Alodokter: https://www.alodokter.com/mengenal-anxiety-yang-mengganggu-dan-berbagai-jenisnya
  2. Amrullah. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Malang: Media Nusa Creative.
  3. Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  4. Darwanto, Utami, A. K. T., & Gusniawati, N. (2015). Pedoman penyelenggaraan perpustakaan perguruan tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpusnas PRESS, 1–62. https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/120.pdf
  5. Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Gainau, M. B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Kanisius.
  7. Hartini, E. A. R., & Rohmiyati, Y. (2017). Pengaruh library anxiety terhadap pemanfaatan jurnal elektronik (ejournals subscribed) pada mahasiswa angkatan 2016 Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 491–500. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23181
  8. Mellon, C. A. (1986). Library anxiety: a grounded theory and its development. College & Research Libraries, 47(2), 276–283. https://doi.org/10.5860/crl.76.3.276
  9. Muhammad, H. (2021, April 28). Perpustakaan Universitas BSI Berperan Penting Bagi Mahasiswa. Retrieved Maret 21, 2022, from Republika: https://www.republika.co.id/berita/qs9m73380/perpustakaan-universitas-bsi-berperan-penting-bagi-mahasiswa
  10. Muslih, A. (2021). Pelaksanaan layanan referensi di perpustakaan IAIN Kediri. Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 19(2), 66–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/realita.v19i2.3518
  11. Nurlina. (2016). Persepsi pemustaka tentang layanan referens di perpustakaan dan arsip daerah Kabupaten Barru [Universitas Islam Negeri Alauddin]. In Repository UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5409/
  12. Pratama, R. N., & Rohmiyati, Y. (2017). Pengaruh library anxiety taruna terhadap pemanfaatan perpustakaan di UPT Perpustakaan Politeknik Maritim Negeri Indonesia Semarang. Jurnal Ilmu Perpu, 6(3), 181–190. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23145
  13. Purnasari, N. (2021). Metodologi Penelitian. Jawa Barat: Guepedia.
  14. Rahmah, E. (2018). Teori dan aplikasi. In Akses dan layanan perpustakaan (1st ed., pp. 1–248). PRENADAMEDIA GROUP. https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18210
  15. Safira, A. R. (2020). Pengaruh library anxiety siswa terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan di SMA Plus Negeri 17 Palembang [UIN Raden Fatah Palembang]. In Repository UIN Raden Fatah Palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8413
  16. Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
  17. Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
  18. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Suhartika, I. P. (2004). Implementasi Teknologi Informasi Sebagai Usaha Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan. Visi Pustaka, 15-18.
  20. Triana, D. (2021). Hubungan layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan IAIN Batusangkar [Publikasi IAIN Batusangkar]. https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJ5uvgevOgj2Gd9pvnr4vql3ESJhhl6B9wI9LIxtcQ4WPiRBUEkKs8cggD9Wu2KtV8bWYTWQMBMNAinxsd3%2BRDMTgcdIB8vtq6ixZhspegCxjSinOKM7cJwu87%2FCiksBWdbRcYgrDUm5B7QwkYQ53%2FkYgVt1kjtVkA%3D
  21. Yusrawati. (2016). Peran pustakawan dalam menghadapi library anxiety di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jupiter, XV(1), 45–54. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/212

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-03-28
Published: 2023-08-04
Section: Articles
Article Statistics: