PENGARUH SOCIAL SKIIL PENGELOLA PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK

Silfi Putri Muliya Sari* -  Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
Moch. Fikriansyah Wicaksono -  UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v6i2.6894

AbstractSocial skills of library managers have an important role in increasing the interest of visitors in a library. With good social skills, it can lead to good library services in the eyes of the public so that it can increase interest in visiting the library. Therefore, library managers need to pay attention to this. The purpose of this study was to determine whether there is an influence between the social skills of library managers on the visiting interest of library users in the library of SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk Regency. The statistical tool used is SPSS version 20. The research approach and method used is to use explanatory quantitative which has 2 variables, namely variable X (social skills) and variable Y (visiting interest). The number of respondent samples used was 92 out of 1,152 library population whose sampling was determined using stratified random sampling. Then to test the hypothesis is to apply simple linear regression test analysis techniques obtained results using anova that > = 36.072 > 3.10 with significance = 0.000 < 0.05. So the social skill variable has a significant and positive influence on the interest in visiting the library.Keywords : Social Skill, Visiting Interest, Library Manager AbstrakSocial skill pengelola perpustakaan memiliki peran penting dalam meningkatkan minat kunjung pemustaka di sebuah perpustakaan. Dengan adanya social skill yang baik dapat memunculkan layanan perpustakaan yang baik di mata publik sehingga dapat meningkatkan minat kunjung perpustakaan. Oleh karena itu pengelola perpustakaan perlu memperhatikan hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara social skill pengelola perpustakaan terhadap minat kunjung pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk. Perangkat statistik yang digunakan ialah SPSS versi 20. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan ialah dengan menggunakan kuantitatif eksplanatif yang memiliki 2 variabel, yaitu variabel X (social skill) dan variabel Y (minat kunjung). Jumlah sampel responden yang digunakan sebanyak 92 dari 1.152 populasi pemustaka yang penentuan sampelnya menggunakan stratified random sampling. Lalu untuk menguji hipotesisnya ialah dengan menerapkan teknik analisis uji regresi linier sederhana diperoleh hasil menggunakan anova bahwa > = 36.072 > 3,10 dengan signifikansi = 0.000 < 0,05. Jadi variabel social skill memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap minat kunjung pemustaka. Kata Kunci : Social Skill, Minat Kunjung, Pengelola Perpustakaan

Supplement Files

Keywords
Social Skill, Visiting Interest, Library Manager
  1. Daftar Pustaka
  2. Basuki, Sulistyo. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Hs, Lasa. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book.
  4. Inabah, Husnatun. (2020). Pengaruh Minat Kunjung Pemustaka Di Perpustakaan “ Puspa Cendekia ” SD Negeri Pakis. Jurnal Perpustakaan, Vol. 11 No.1 : 09-14 ISSN 1979 – 9527.
  5. Masitoh, Eka. (2021). Pengaruh Keterampilan Sosial (Social Skill) Pengelola Perpustakaan terhadap Pelayanan Prima (Service Excellence) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin. Palembang. Sripsi.
  6. Novian Nuha, Anisa Setia. (2014). Pengaruh Social Skill Pustakawan terhadap Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara.
  7. Oktavia, dkk. (2015). Pengaruh Sikap Pustakawan terhadap Tingkat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Ilmu Komunikasi. 4(3):1-12.
  8. Putri, Firta Melinda. (2017). Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMA Negeri 1 Kertosono. Jurnal Sendratasik. Vol. 5, No. 1 (2017)
  9. Rahmi, N. (2016). Keterampilan Sosial Pustakawan dalam Berkomunikasi Interpersonal. 2016;8:41-51.
  10. Rifauddin, M. (2017). Keterampilan Sosial Pustakawan dalam Memberikan Pelayanan Bermutu di Perpustakaan. Khizanah Al-Hikmah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. 2017;5(1):102-112. doi:10.24252/kah.v2i2a9
  11. Sukayana, I Putu. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Kerja Pustakawan Pada Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha (Tinjauan Teoritis). Acara Pustaka (Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi). Vol. 7 No. 2. 2020.
  12. Tara, SB. (2019). Analisis Minat Kunjung Di Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 2, No. 11 2019.
  13. Sandy WK, Mulyantomo E. (2021). Analisis Minat Kunjung Pemustaka Perpustakaan Daerah Kota Semarang. Information Science and Library. Vol. 2(1):29-36.
  14. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  15. Surgana Feni, Nelita Marta. (2013). Strategi Peningkatan Kinerja Pustakawan Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Informasi di Perpustakaan Umum Gunung Bungsu (PUBG) Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol. 2, No. 1, September 2013, Seri B.
  16. Yusufhin, Fridinanti. (2019). Social skill Pustakawan Dalam Mempromosikan Perpustakaan. Nusantara Journal Of Information And Library Studies. Vol.2, No. 1. (2019).

Full Text: Supp. File(s):
Tambahan Opsional (Instrumen Penelitian)
Subject
Type Research Instrument
  Download (25KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2023-03-22
Published: 2023-08-08
Section: Articles
Article Statistics: