EVALUASI DESAIN ANTARMUKA (INTERFACE) PADA SITAKA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
DOI : 10.24269/pls.v7i2.3535
Evaluasi desain antarmuka (interface) merupakan bagian dari desain interaksi pada Human Computer Interaction (HCI). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan analisis kualitatif. Fokus penelitian ini ada pada desain antarmuka SITAKA (Sistem Informasi Perpustakaan) Politeknik Negeri Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam mengenai kemudahan (usability) sistem informasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan kajian pustaka sumber yang relevan dengan kajian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain antarmuka (interface) SITAKA Politeknik Negeri Semarang cukup baik dalam memberikan kemudahan bagi pengguna pemula dan pengguna ahli di lingkungan Politeknik Negeri Semarang. Namun penambahan fitur juga perlu dilakukan agar aplikasi tersebut lebih baik
- Budiasri, RT. 2010. LAYANAN PERPUSTAKAAN.Semarang:Badan Arsipdan PerpustakaanPropinsiJawaTengah.
- Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem informasi perpustakaan online berbasis web. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), 29-36.
- Garland, J. (2018). Current technology trends in libraries. Petra Paraschiv
- Lahut, A. A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Daerah Kota Masohi Berbasis Web (Other Thesis, Universitas Komputer Indonesia) https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/7519/
- Mailasari, M. (2019). Sistem informasi perpustakaan menggunakan metode waterfall. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(2), 207-214.
- N. DaIimunthe, F. Nazari, K. Purba, and A. Adawiyah,(2019) “EVALUASI WEBSITE PEMKO PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVAIUATION,”Jurnal IImiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, voI. 5, no. 2, pp. 245–250, 2019
- Nielsen, J., (1995, januari 1). 10 Usability Heuristiks for User Insterface Design. http://www.useit.com/papers/Heuristik/Heuristik_list.html. Diakses pada tanggal 20 April 2019.
- Nielsen, J. 2001. Error Message Guidelines. [online] Tersedia di:
- Nielsen, J. 2008. American English vs. British English for Web Content.[online]Tersedia di:
- Parlangeli, O., et al. (1999). Multimedia Systems in Distance Education: Effects of Usability on Learning," Journal of Interacting with Computers, 12.
- Preece, J, Rogers, Y, & Sharp, H. (2002). Interaction Desain: Benyond Human-Computer Interaction. Jhon Wiley & Sons, Inc.
- RAHMAWATI, Nurul Alifah; BACHTIAR, Arif Cahyo (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 76-86. ISSN 2477-0361. doi:https://doi.org/10.22146/bip.28943.
- Ridwan, A. (2007). Pengukuran Usability Aplikasi Menggunakan Evaluasi Heuristik. Jurnal Informasi Komputer.
- Savitri, P., dkk. (2015). Review Desain Interface Aplikasi SOPPOS menggunakan Evaluasi Heuristik. Jurnal SIMETRIS, 2015.
- Smith, J. A. 2015. Qualitative Psychology: A Practical Guide to Research Methods. [online] Tersedia di:
- Sulistyo, Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Supriyanto, Wahyu. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.