Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Mitraguna Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Rungkut 1 Surabaya)
DOI : 10.24269/mjse.v12i2.8090
Pembiayaan Mitra Guna pada BSI merupakan layanan pembiayaan ragam kebutuhan atau multiguna dengan sumber pembayaran dari gaji atau pendapatan pegawai tetap. Banyaknya produk pembiayaan perbankan syariah yang ada di Indonesia mendorong perusahaan bersaing mendapatkan nasabah melalui berbagai strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis strategi pembiayaan mitraguna BSI pada KCP Rungkut 1 Surabya untuk meningkatkan jumlah nasabah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik interview (wawancara) dan teknik dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa mekanisme pembiayaan mitraguna ada 3 tahapan yaitu : (1) permohonan menjadi nasabah mitraguna (2) proses verifikasi dokumen nasabah, (3) proses pencairan pembiayaan mitraguna. Dimensi marketing mix yang digunakan ada empat yaitu: Produk (Product), Tempat (Place), Harga (Price) dan Promosi (Promotion). Dengan menggunakan analisis deskriptif didapatkan hasil bahwa dari keempat dimensi marketing mix Promosi adalah yang paling dominan berpengaruh dalam menarik minat nasabah terhadap pembiayaan Mitra Guna.
- Book
- Afsauri, S. (2017). Strategic Management Sustainable Competitive Advantages. Depok : Rajawali Pers.
- Aji, H. M. (2019). Manajemen Pemasaran Syariah Teori dan Praktik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
- Al-Arif, M. N. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
- Alma, B. (2013). Kewirausahaan . Bandung: Alfabeta.
- Arif, N. R. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah . Bandung : Alfabeta .
- Handoko, B. S. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
- Khotler., P. (1996). Marketing Manajemen: Analisis, Planning, Implementasi dan Kontrol, Terj. Hendra Teguh. Jakarta: Erlangga
- Muhammad. (2000). Bank dan Lembaga Umat Kontemporer. Yogyakarta: UII Press.
- Muhammad. (2015). Manajemen Dana Bank Syariah . Jakarta: Rajawali Pers.
- Mursid, M. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
- Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
- Book Section
- Endri. (2010). Peran Human Capital Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Empiris. Jurnal Administrasi Bisnis , 179-190.
- Internet
- L, M. (2019). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia. www.studimanajemen.com.
- R, E. (2020). Human Capital Management . id.hrnote.asia.