Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Mitraguna Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Rungkut 1 Surabaya)

Alifia Paranggi* -  Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
Arin Setiyowati -  Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/mjse.v12i2.8090

Pembiayaan  Mitra  Guna  pada BSI merupakan  layanan  pembiayaan  ragam kebutuhan  atau  multiguna  dengan  sumber  pembayaran  dari  gaji  atau pendapatan pegawai tetap. Banyaknya produk pembiayaan perbankan  syariah  yang  ada  di  Indonesia  mendorong  perusahaan bersaing  mendapatkan  nasabah  melalui  berbagai  strategi  yang  tepat. Penelitian  ini bertujuan   untuk   untuk   mengetahui   dan   menganalisis strategi pembiayaan mitraguna BSI pada KCP Rungkut 1 Surabya untuk meningkatkan jumlah nasabah. Metode   yang   digunakan   adalah   metode   kualitatif   dengan menggunakan  teknik  interview  (wawancara)  dan  teknik  dokumentasi.  Dari  hasil  penelitian diketahui   bahwa   mekanisme   pembiayaan   mitraguna   ada   3   tahapan   yaitu   :   (1) permohonan  menjadi  nasabah  mitraguna   (2)  proses  verifikasi  dokumen  nasabah,  (3) proses   pencairan   pembiayaan   mitraguna.  Dimensi  marketing mix   yang   digunakan   ada   empat   yaitu:  Produk   (Product),   Tempat (Place),  Harga  (Price)  dan  Promosi  (Promotion).  Dengan  menggunakan analisis   deskriptif   didapatkan   hasil   bahwa   dari   keempat   dimensi marketing  mix  Promosi  adalah  yang  paling  dominan  berpengaruh dalam   menarik   minat   nasabah   terhadap   pembiayaan   Mitra   Guna. 

  1. Book
  2. Afsauri, S. (2017). Strategic Management Sustainable Competitive Advantages. Depok : Rajawali Pers.
  3. Aji, H. M. (2019). Manajemen Pemasaran Syariah Teori dan Praktik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  4. Al-Arif, M. N. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
  5. Alma, B. (2013). Kewirausahaan . Bandung: Alfabeta.
  6. Arif, N. R. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah . Bandung : Alfabeta .
  7. Handoko, B. S. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
  8. Khotler., P. (1996). Marketing Manajemen: Analisis, Planning, Implementasi dan Kontrol, Terj. Hendra Teguh. Jakarta: Erlangga
  9. Muhammad. (2000). Bank dan Lembaga Umat Kontemporer. Yogyakarta: UII Press.
  10. Muhammad. (2015). Manajemen Dana Bank Syariah . Jakarta: Rajawali Pers.
  11. Mursid, M. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  12. Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
  13. Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
  14. Book Section
  15. Endri. (2010). Peran Human Capital Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Empiris. Jurnal Administrasi Bisnis , 179-190.
  16. Internet
  17. L, M. (2019). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia. www.studimanajemen.com.
  18. R, E. (2020). Human Capital Management . id.hrnote.asia.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-10-31
Published: 2023-11-21
Section: Articles
Article Statistics: