Simulasi Pemodelan Mobil Listrik Warok V.1 Dan Analisis Metode Berkendara Guna Memprediksi Konsumsi Energi Menggunakan Matlab/Simulink

Banyu Sevo Erlangga -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Kuntang Winangun* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Yoyok Winardi -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v4i01.9018

Dalam merancang dan membuat mobil listrik perlu menganalisis tingkat konsumsi energi. Pemodelan dinamika dan simulasi kendaraan mobil listrik Warok V.1 menggunakan MATLAB/Simulink dan menganalisis metode mengemudi diharapkan bisa memperoleh hasil penggunaan energi yang minimal. Pemodelan dinamika dan simulasi telah di validasi dengan pengujian secara langsung dimana memiliki error kurang dari 5%. Pada analisis metode berkendara/1dilakukan dengan dua metode yaitu konstan dan stop and go dengan tiga variasi kecepatan yakni 32 km/jam, 21 km/jam, dan 18 km/jam. Konsumsi energi minimal di dapat dengan metode stop and go variasi ketiga dengan capaian 66,6 km/kwh. Pada metode stop and go kecepatan puncak dan kecepatan minimal perlu diperhatikan agar waktu tempuh tidak melebihi batas yang telah ditentukan dan mengakibatkan DNF (Do Not Finish).



Supplement Files

  1. Y. Dewa Saputra, "Rancang Bangun Chassis Tubular Prototype Car Ethanol Berbahan Alumunium 6061.," Skripsi (S1) thesis, p. 1, 2021.
  2. B. Deva Syahputra, "Analisis Mobil Tipe Urban Concept Terhadap Koefisien Drag Mengunakan Ansys Fluent Student Version.," Skripsi (S1) thesis, pp. 1-65, 2021.
  3. Lee, Jeongwoo., (2009), “Vehicle Inertia Impact on Fuel Consumption of Conventional and Hybrid Electric Vehicles Using Acceleration and Coast Driving Strategy”, Virginia Polytechnic Institute and State University, Blacksburg, Virginia, USA.
  4. S. S. D. A. Witantyo, "Optimasi Metoda Pengemudian Untuk Meminimalkan Konsumsi BBM Dengan Gabungan Pemodelan Karakteristik Kendaraan Dengan Karakterisrik Lintasan," FT UMS, p. 1, 2013.
  5. A. H. R. A. W. Nugroho Karya Yudha, "Pemodelan dan Simulasi Mobil Listrik Kapuas 2 Guna Memperoleh," Jurnal Teknologi Rekayasa Teknik Mesin (JTRAIN), pp. 14-23, 2023.

Full Text: Supp. File(s):
Simulasi Pemodelan Mobil Listrik Warok V.1 Dan Analisis Metode Berkendara Guna Memprediksi Konsumsi Energi Menggunakan MATLAB/Simulink
Subject Kata Kunci : MATLAB/Simulink, Pemodelan dan Simulasi, Metode Berkendara.
Type Data Analysis
  Download (751KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-02-29
Published: 2024-05-11
Section: Articles
Article Statistics: