Pengaruh Kenaikan Tekanan Fuel Pump Terhadap Performa Sepeda Motor Honda Beat Fi 110cc

Andik Auliya Arifin -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Kuntang Winangun* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v4i01.7689

Kemajuan pesat sedang dibuat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan industri otomotif, khususnya sepeda motor (EFI). Untuk memaksimalkan performa mesin pada sepeda motor injeksi maka perlu pengoptimalan injeksi bahan bakar ke ruang bakar. Cara yang dapat dilakukan adalah merubah tekanan pompa bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut. Jenis penelitian berupa pengaruh perubahan tekanan pompa bahan bakar  terhadap kinerja mesin sepeda motor beat FI 110cc dengan variasi pengubahan tekanan pompa bahan bakar sandart 2,9 bar menjadi 1,9 bar, 2,5 bar, 4,0 bar dan 5,0 bar dengan parameter yang dicari adalah torsi, daya, konsumsi bahan bakar spesifik dan emisi gas buang. Hasil pengujian variasi tekanan pompa bahan bakar 4,0 bar menghasilkan nilai daya terbesar 7,4 HP diputaran 4226 rpm mengalami kenaikan daya sebesar 1,42%. Hasil pengujian variasi tekanan pompa bahan bakar 4,0 bar menghasilkan nilai torsi sebesar 18,64 Nm diputaran 18,64 rpm dan mengalami kenaikan torsi sebesar 0,8%. Hasil pengujian variasi tekanan pompa bahan bakar menghasilkan nilai konsumsi bahan bakar spesifik terendah dengan nilai 0,021 kg/kWh diputaran 4000 rpm pada tekanan pompa bahan bakar nilai tertinggi konsumsi bahan bakar spesifik  0,120 kg/kWh diputaran 8000 rpm pada tekanan pompa bahan bakar 1,9 bar. Hasil pengujian variasi tekanan pompa bahan bakar menghasilkan emisi gas buang O₂ lebih besar dari CO dan CO₂ pada variasi tekanan pompa bahan bakar 4,0 bar

 

 

Kata Kunci : motor honda beat fi 110cc, fuel pump, SFC, emisi gas buang
  1. H. Nasrullah and R. Saputra. Rancang Bangun Fuel Pump Pressure Tester Pada Motor Injeksi. Jurnal vol. 3, no. 1, 2019
  2. Populasi kendaraan di Indonesia,http://www.google.com/amp/s/oto.detik.com/moil/d-5902120/populasi-kendaraan-di-indonesia-tembus-145-juta-unit-paling-banyak-bukan-di-jakarta/amp. Diakses pada tanggal 22 Mei 2022 pukul 19:28 WIB.
  3. P. Setyadi, and H. G. Setyawan. Pengaruh Kenaikan Tekanan Pompa Bahan Bakar 35 Terhadap Performa Sepeda Motor Honda 125 Cc Injeksi Menggunakan Pompa Bahan Bakar Pneumatik. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi FT UMJ, November, 1–2, 2017.
  4. F. Majedi, and I. Puspitasari. Optimasi Daya dan Torsi pada Motor 4 Tak dengan Modifikasi Crankshaft dan Porting pada Cylinder Head. Jurnal vol. 5, no. 1, 2017.
  5. A. D. Efendi, F. Teknik, P. Analisa Pengaruh Variasi Tekanan Dan Jenis Bahan Bakar Terhadap Sudut Spray Dan Pembakaran Bahan Bakar Yang Disemprotkan Injektor Honda Beat. Jurnal vol. 2, no. 1, 2019.
  6. A. K. Muhammad. Pengaruh Penurunan Tekanan Pompa Bahan Bakar Terhadap Performa Sepeda Motor 125cc Menggunakan Tekanan Pompa Bahan Bakar Pneumatik, 2017.
  7. P. Kristanto. Motor Bakar Torak, Teori & Aplikasinya. Jakarta, 2015.
  8. Arismunandar, Wiranto, 1988, Penggerak Mula Motor Bakar Torak, Institut Teknologi Bandung : Bandung.
  9. J. Jama and Wagiono. Teknik Sepeda Motor Jilid 2 Untuk SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  10. B. P. Agung. Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor. Surakarta, 2018.
  11. L. Romdhon. Pengaruh Variasi Tekanan Fuel Pump Terhadap Performa Mesin Motor Astro 108cc Yang Bersistem Injeksi Dengan Bahan Bakar Pertamax Dan Etanol, 2021.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-08-11
Published: 2024-05-13
Section: Articles
Article Statistics: