The Concept of Nafs in Islamic Psychology and its Relevance to Student Development
Abstract
Keywords
References
Afdhal, A., Manuputty, F., & Ramdhan, R. M. (2022). Pendidikan developmentalisme moh. sjafei: membangun konsep pendidikan berkebudayaan di ins kayutanam (1928-1969). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:254920721
Amiruddin, A. H., Herman, H., & Falihin, D. (2021). Pengaruh Sistem Sekolah Alam Terhadap Pengembangan Karakter Sosial Siswa Di Pesantren Alam Indonesia. Social Landscape Journal. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:251420538
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Apriyansyah, C., & Kurniawaty, L. (2022). Pengembangan Model Permainan Berbasis Barang Bekas untuk Membangun Kompetensi Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:255049229
Aslami, H. A. (2016). Konsep Tazkiyatun Nafs Dalam Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Al-Ghazali. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:171611388
Dananier, N. (2020). Kajian nafs dalam al-qur’an serta implementasinya dalam konsep bimbingan dan konseling islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225154272
Diyah, F. H. (2019). Konsep nilai-nilai pendidikan akhlaq dalam kitab Alaalaakarya Syekh Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:219824266
Elfidayanti, N. R. (2021). Pendidikan karakter anak berkonsep tazkiyatun nafs menurut q.s asy-syams. Jurnal Iqtirahaat. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:252757519
Fahrul, F., Ibdalsyah, & Kamalludin. (2022). Konsep Tiga Pilar Dakwah Mohammad Natsir dan Relevansi Perkembangan Dakwah di UIKA Bogor. Rayah Al-Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260603242
Farida, I. (2019). Metode Tazkiyatun Nafs dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual santri: Metode deskriptif Pondok Pesantren AT’Tamur Cibiru Hilir. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:203392486
Haryati, F. F. (2019). Pengaruh penggunaan model pembelajaran advance organizer berbantuan media video terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:231132868
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:249076715
Maksum, A., Ulum, I. M., & Umihani. (2023). Filsafat Bahasa dalam Surah al-Fatihah dan Relevansinya Terhadap Konsep Pendidikan Islam Berbasis Tazkiyat al-Nafs. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260012741
Malik, A., & Sugiarto, F. (2023). Ilmu Nafs Dan Pemahaman Tentang Manusia Dalam Perspektif Alqur’an. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260819705
Maududin, I. A., Tamam, A. M., & Supraha, W. (2021a). Konsep Pendidikan Tazkiyatun Nafs Ibnul Qayyim Dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:236551105
Maududin, I. A., Tamam, A. M., & Supraha, W. (2021b). Konsep Pendidikan Tazkiyatun Nafs Ibnul Qayyim Dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:236551105
Nafisah, D. (2016). Peran pendidikan muatan lokal terhadap pembangunan karakter bangsa. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:164912951
Nasozaro, H. O. (2019). Pembangunan karakter bangsa melalui pendidikan kewarganegaraan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:226820504
Saimun, S. (2022). Bimbingan dan konseling islam dalam mengkontruksi religiusitas remaja. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:253728733
Situmorang, T. (2020). Paradigma psikologi islam suatu aliran baru dalam psikologi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:214353928
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumiyati, S. ., Anriani, N., & Setiani, Y. (2021). Pengembangan Media Interaktif pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:234250121
Utomo, P. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Kesadaran Beragama terhadap Pembentukan Landasan Hidup Religius dalam Tugas Perkembangan Siswa SMA. Jurnal Al-Shifa Bimbingan Konseling Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:259813173
Wahidin, W. W., Rozikan, M., & Septiani, D. F. (2022). Pengaruh sosial-budaya akademik terhadap kesadaran beragama: implikasi terhadap konseling religius di perguruan tinggi. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:247257002
Yuniarti, Y. (2019). Konsep tazkiyatun nafs dalam al-qur’an (kajian suratasy-syams ayat 9-10) dalam pendidikan islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:171812974
Zaman, M. K. (2016). Konsep Tazkiyat Al-Nafs dalam Al-Qur’an: Perspektif Ahmad Mustofa Al-Maraghi dalam tafsir Al-Maraghi, dan signifikansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:148743727
DOI: 10.24269/almisykat.v1i2.7758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.